Minggu, 20 Juli 2008

Tentang Pulau Bawean

Pernah dengar Pulau Bawean?

Pulau ini unik karena sebagian besar penghuninya adalah perempuan, sebab kaum lelakinya banyak pergi merantau ke Malaysia, Singapura dll. jadi jangan heran kalau pergi ke pulau ini dollar dan ringgit bisa juga dipakai sebagai alat pembayaran (keren nggak sih naik becak bayarnya pakai dollar). Kita bisa mengelilingi pulau Bawean selama 2-3 jam karena diameter pulau ini kira kira 12 KM dgn panjang jalan sekitar 70 KM.

Cara mudah untuk mencapainya adalah dari Surabaya anda harus pergi ke Gresik (30 km naik mobil/bus) menyebrang dengan kapal kira-kira 3-4 jam (80 mil) perjalanan menuju Sangkapura, setiap hari ada kapal yang berangkat.

Di Pulau Bawean ada cagar alam danau Kastoba yang anda bisa capai dengan naik mobil. Cagar Alam Pulau Bawean mempunyai variasi pemandangan alam yang cukup menonjol, juga keindahan ekosistem pegunungan yang terdiri dari panorama hutan pegunungan dengan hamparan tajuk pohon yang sangat rapat membentuk pemandangan yang indah, syukur syukur anda bisa melihat Rusa Bawean (Axis kuhlii), Kera abu-abu (Macaca fiscularis), Burung Pergam (Daculaaeni, dacula bicolor, Dacula whartoni). Ada kepercayaan bahwa mandi di danau ini bisa membuat awet muda.

Yang unik juga dari pulau Bawean adalah batu Onyx (sejenis batu marmer) dan Buah Merah namun berbeda dgn Buah Merah yang ada di Papua, Buah Merah di pulau ini berbentuk seperti buah Apel.

Pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Gresik (Jawa Timur) mayoritas penduduknya adalah etnis Bawean(Boyan), Jawa, Madura, dan pendatang dari Bugis, Mandailing.

blog ini juga pernah diposting di di sini

3 komentar:

dhimas mengatakan...

eh BTW mang bos asal mana sih...!!! kok mbahas bawean segala..!

muftijakfar mengatakan...

hi...

muftijakfar mengatakan...

hi...orang mana sih...??
perlu aq perjelas seumur-umur aq tinggal di Bawean ngga' pernah tuh..ngelihat orang belanja pake dollar/ringgit, walopun hampir semua keluarga di bawean punya uang dollar ato ringgit. yah..kalo pengen belanja di tukar dulu uangnya di money changer terdekat... n' mitos danau kastoba yang aku denger dari cerita turun-temurun di keluargaku(walopu aq berdarah ayah(bugis,mandar)ibu(bawean asli) sejak kelas 1SD aq tinggal di bawean, )orang2 bawean lainya, n' di buku yang klo g' salah di tukis oleh bapak Zulfa Usman,mitos danau kastoba tuh..di larang mandi agak ketenga karena ada raja jin yang menunggui dan ada pusaran airnya yang kebanyakn yang mandi ketengah..akan hilang dan biasanya mayatnya akan di ketemukan besoknya di pantai teluk jati...